Rokok dan BUNUH DIRI!!!

Sehari-hari kita dapat menemukan dan membaca pada bungkus rokok, “Merokok menyebabkan kanker, impotensi dan gangguan kehamilan dan bayi”, dan hampir semua orang tahu akan hal itu. Walau demikian, kebiasaan merokok telah menjadi budaya di berbagai bangsa di belahan dunia. Diperkirakan mayoritas perokok di seluruh dunia ini, 47% adalah populasi pria sedangkan 12% adalah populasi wanita, dengan berbagai kategori umur. Latar belakang merokok beraneka ragam, di kalangan remaja dan dewasa pria adalah faktor gengsi dan agar disebut jagoan, malahan ada salah satu pepatah menarik yang digunakan sebagai pembenar atas kebiasaan merokok, yang pernah dituturkan oleh kakak saya sendiri : “Ada ayam jago di atas genteng, gak merokok gak ganteng”. Wow!! Saya pun otomatis sangat kaget mendengarnya, ternyata segitu butuh pembelaan bahwa merokok itu adalah sebuah “prestise”. Sedangkan di kalangan orang tua, stress dan karena ketagihan adalah faktor penyebab keinginan untuk merokok.

Sangat ironis memang bahwa manusia sangat memperhatikan keseimbangan alam akibat proses pembakaran bahan bakar oleh industri, kendaraan bermotor, pembakaran hutan dan lain-lain yang mengeluarkan polusi, tetapi di lain pihak orang-orang dengan sengaja mengalirkan gas produksi pembakaran rokok ke paru-paru mereka. Tindakan ini secara halus dinyatakan merusak kesehatan, yang sebenarnya adalah usaha untuk membunuh diri DENGAN SENGAJA.

Tapi ternyata tak hanya itu. Satu lagi efek negatif dari merokok ditemukan. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan keinginan untuk bunuh diri.

Sebuah penelitian dilakukan pada 2.548 orang dengan usian antara 14-24tahun. Dari jumlah tersebut, sekitar seperempatnya bukan perokok. Sisanya sebanyak 40% adalah orang-orang yang merokok pada acara-acara tertentu (occasional smoker), 17% perokok yang tidak rutin, dan 19% adalah perokok berat.

Di antara responden yang tidak merokok, setidaknya 15% dari mereka pernah berpikir untuk bunuh diri, atau berharap untuk mati. Pada occasional smoker serta perokok tidak rutin, angka itu mencapai 20%, dan pada perokok berat, angkanya mencapai 30%. Bahkan dari 30% itu tercatat 69 orang diantaranya sudah pernah melakukan percobaan bunuh diri.

Jika dilihat dari jumlah keseluruhan responden, hanya 0,6% orang yang tidak merokok berpikir ingin mengakhiri hidupnya. Sementara 1,6% dari occasional smoker dan perokok tidak rutin. Sedangkan pada perokok berat, angkanya melonjak hingga 6,4%.

Diperkirakan kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat mempengaruhi otak dan perasaan. Nikotin dapat menghilangkan rasa senang dalam diri seseorang, sehingga orang yang merokok cenderung memiliki alam perasaan yang ‘tumpul’ dan meningkatkan rasa depresi pada seseorang. Hal itulah yang akhirnya menimbullan keinginan untuk bunuh diri.

Setiap tahun, 31Mei diperingati sebagai HARI TANPA TEMBAKAU secara internasional. Demikian pula, dari 31Mei s/d 6Juni juga dinyatakan sebagai Minggu Tanpa Tembakau Sedunia.

Jadi, mau menikmati hidup yang lebih indah?? Berhenti merokok sekarang juga! Itulah ajakan dan harapan saya bagi semua..

Bagaimana menurut anda??

Salam,
Andluna.

2 Komentar (+add yours?)

  1. zee
    Mei 06, 2009 @ 16:22:14

    Hai Luna,
    Setuju…
    Ayo berhenti merokok.
    Saya dulu pernah mencoba merokok karena ingin tahu knp orang2 begitu candu sama rokok.
    Ternyata sama sekali gak enak. Yg ada bau asap!

    Balas

    • andluna
      Mei 06, 2009 @ 19:05:51

      Hai juga mbak..
      Iyaa.. Terlebih yang mengkonsumsi rokok kretek.. Apa gak gimana gitu rasanya… Secara yang gak kretek aja asapnya udah nyesekkin.. Hehe…:)

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: